header-int

FTIK IAIN Jember Dipercaya Jadi Penyelenggara PPG Guru PAI

Kamis, 26 Sep 2019, 10:36:20 WIB - 1032 View
Share
FTIK IAIN Jember Dipercaya Jadi Penyelenggara PPG Guru PAI

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, dipercaya menjadi penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru Pendidikan Agama Islam baik di sekolah umum maupun Madrasah.

Dekan FTIK Mukni’ah menjelaskan, penunjukan IAIN Jember khususnya FTIK sebagai penyelenggara PPG tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 606 Tahun 2018. “Alhamdulillah tentu ini kepercayaan yang sangat luar biasa dari Kementerian Agama kepada FTIK untuk menyelenggarakan PPG bagi guru PAI,” ungkapnya.

Menurut Mukni’ah, ada dua kelompok besar yang saat ini sedang mengikuti proses PPG tersebut. “Yakni ada 60 orang guru PAI dari sekolah umum, dan 131 orang guru PAI dari Madrasah. Khusus yang dari madrasah ada dua mata pelajaran, yakni Aqidah dan Fiqih,” tambahnya.

Dia menambahkan, guru- guru PAI tersebut tidak hanya berasal dari Kabupaten Jember dan sekitarnya saja, namun berasal dari seluruh wilayah Indonesia. “Untuk guru PAI sekolah ada yang berasal dari Papua, Cirebon, Bandung, Palangkaraya, dan sejumlah wilayah lainnya,” terangnya.

Selama enam bulan, guru- guru tersebut akan mengikuti proses PPG dengan beberapa tahapan. “Jadi, untuk tahapan pertama, bapak dan ibu guru ini mengikuti perkuliahan secara daring (online) terlebih dahulu selama tiga bulan, dan harus dinyatakan lulus. Baru setelah dinyatakan lulus, selanjutnya akan mengikuti lokakarya di kampus IAIN Jember selama 5 minggu. Setelah itu, mereka akan mengikuti PPL di sekolah- sekolah yang telah bekerjasama dengan FTIK. Nah, di akhir nanti mereka akan melalui serangkaian ujian untuk dinyatakan lulus atau tidak,” ungkap Mukni’ah.

Untuk itulah, lanjut Mukni’ah, pihaknya tidak main- main dalam menyiapkan seluruh prose PPG ini. “Kami siapkan betul dengan maksimal, mulai dari sarana dan prasarananya, hingga dosen yang mengajar, juga kita seleksi betul dengan ketat,” katanya.

Sementara Rektor IAIN Jember, Prof Babun Suharto, mengaku bangga karena FTIK IAIN Jember dipercaya menjadi penyelanggara PPG bagi guru PAI. “Tentu ini tidak mudah untuk dipercaya menjadi penyelenggara PPG,” katanya.

Untuk itu, Prof Babun berharap, agar FTIK IAIN Jember yang dipercaya oleh Kementerian Agama, bisa memaksimalkan proses PPG tersebut, sehingga akan output yang dikeluarkan, benar- benar profesional sesuai dengan standararisasi yang ada. “Harus maksimal, harus serius, agar guru yang berproses disini nantinya benar- benar profesional sesuai harapan pemerintah dan masyarakat,” tutupnya (Humas/ Ahmad Winarno)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube